Halo !!! Nama Saya Wahid Priyono, S.Pd, ini adalah blog pribadi saya tentang pendidikan dan pengajaran di sekolah

3 Manfaat Zat Gizi Bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Tubuh Manusia

Zat gizi begitu penting bagi pertumbuhan dan perkembangan manusia. Zat gizi dapat diperoleh dari makanan pokok, buah, sayur mayur, biji-bijian, daging, telur, garam-garam mineral, air, susu murni, dan lain sebagainya. Adapun Manfaat gizi secara umum diantaranya yaitu:

(1). Sebagai Pembentuk Dan Pengatur Sel, Jaringan, Dan Beberapa
       Organ Penting Pada Tubuh

Sel merupakan komponen hidup yang menyusun bagian-bagian tubuh makhluk hidup. Termasuk jaringan yang berasal dari sekumpulan sel, serta organ yang yang merupakan komponen penyusun dari jaringan. Kesemuanya itu membutuhkan nutrisi yang diperoleh dari makanan yang kita konsumsi setiap hari. Jenis dan ragam makanan yang kita konsumsi akan menentukan pula kondisi sel, jaringan, serta keutuhan organ-organ tubuh yang ada. Bayangkan saja ketika kita sedang sakit. Maka apa yang terjadi? Sebetulnya pada saat itu sel-sel, jaringan dan organ tubuh kita sedang mengalami sakit juga. Bisa jadi sakit ini diakibatkan karena beberapa anggota sel, jaringan maupun organ tadi sangat rentan dengan efek makanan yang kita konsumsi. Misalnya diambil contoh apabila seseorang mengonsumsi alkohol dan minuman berwarna yang mengandung Tartarzin CI 19140, maka sebenarnya tidak dianjurkan apabila pengonsumsiannya dalam jumlah dan skala yang besar, karena bisa jadi sel-sel dan jaringan di organ hati, pankreas akan sulit untuk menawarkan senyawa racun yang terkandung dalam minuman tadi. Hati dan pankreas hanya akan mentoleransi senyawa dengan kadar yang tidak membahayakan.

Karena sel dapat melakukan fungsi reproduksi dengan tujuan agar menghasilkan sel-sel yang lebih banyak. Dengan adanya sel banyak ini maka akan memberikan pertambahan jumlah/volume sel dalam tubuh, sehingga sel-sel itu akan terus membelah dan bertambah banyak.

(2). Gizi Menentukan Karakter Pertumbuhan Dan Perkembangan

Seorang anak yang sehat dan normal akan tumbuh sesuai dengan potensi genetik yang dimilikinya. Tetapi pertumbuhan ini juga akan dipengaruhi oleh intake zat gizi yang dikonsumsi dalam bentuk makanan. Kekurangan atau kelebihan gizi akan dimanifestasikan dalam bentuk pertumbuhan yang menyimpang dari pola standar. Pertumbuhan fisiklah yang menjadi indikator untuk mengukur status gizi baik individu maupun populasi. Oleh karena itu, orang tua perlu menaruh perhatian pada aspek pertumbuhan anak bila ingin mengetahui keadaan gizi mereka. Hal ini juga sangat penting untuk menjalin kedekatan emosional dan keharmonisan keluarga.

(3). Gizi Sebagai Penunjang Aktivitas Dan Produktivitas Kerja

Dalam melakukan aktivitas, seseorang harus memiliki gizi yang baik yang diperoleh dari  sumber makanan. Dengan asupan gizi yang baik tersebut, maka sebaliknya juga akan memberikan dampak energi yang lebih banyak. Energi yang banyak itu berasal dari makanan bergizi tadi dan kemudian diproses pada jalur metabolisme yang berlangsung secara terus-menerus di dalam tubuh. Hal inilah yang akan berpengaruh terhadap produktifitas kerja seseorang. Bisa jadi karena asupan gizi seseorang rendah akan menimbulkan berbagai masalah dalam kehidupan, misalnya ketika bekerja ada perasaan malas, mudah lelah, depresi, selalu bimbang, pusing, stress, bahkan ini akan mengganggu produktifitas kerja yang diharapkan. Sebaliknya, jika takaran gizi tiap hari memenuhi takaran menu makanan seimbang, maka hasilnyapun akan dapat lebih baik. Jadi intinya bahwa makanan yang bergizi akan menentukkan baik atau buruknya produktivitas kerja seseorang.

You Might Also Like:

Tambahkan Komentar

Disqus Comments