Halo !!! Nama Saya Wahid Priyono, S.Pd, ini adalah blog pribadi saya tentang pendidikan dan pengajaran di sekolah

Hubungan Kesehatan dengan Organ Tubuh Manusia

Dalam era globalisasi saat ini, akses terhadap  kesehatan sungguh sangatlah mudah. Berbagai informasi tentang kesehatan tubuh manusia mulai disuguhkan di beberapa media elektronik, media cetak, media internet, surat kabar harian/media massa,majalah, dan berbagai sumber referensi buku kesehatan lainnya. Semua akses kesehatan itu sungguh memiliki peranan yang sangat penting dan sebagai media informasi bagi para khalayak ramai dalam memenuhi kebutuhan kesehatan dirinya.

Melihat akses media yang begitu cepatnya, haruslah menjadi perhatian semua warga negara untuk berbondong-bondong bersama dalam mencari sebanyak mungkin sumber referensi yang berkaitan dengan kesehatan tertentu. Mengapa informasi kesehatan itu perlu diakses? Jawabannya adalah agar kita mengetahui informasi terkini tentang dunia kesehatan yang tidak hanya sumbernya berasal dari sumber lama, akan tetapi sumber informasi baru dapat kita tayangkan pada diri pribadi.

Berbicara tentang kesehatan tubuh manusia maka secara otomatis kita akan berbicara pula tentang organ-organ yang ada di dalam tubuh manusia. Hubungan ini sangatlah erat. Oleh karena itu, dalam buku ini akan mencoba menerangkan dengan seksama bagaimana peranan organ yang ada di dalam tubuh manusia dengan kesehatan yang diharapkan serta ditambah dengan pendidikan gizi serta permasalahannya, dan sebagainya.

Organ tubuh manusia dibedakan atas beberapa bagian, seperti berikut ini  diambil contoh satu saja yaitu Organ Jantung. Jantung merupakan alat vital yang komprehensif dan bekerja 24 jam non-stop, tidak mudah lelah, dan terorganisir dengan organ tubuh lainnya. Bekerja cepat untuk memompa darah ke seluruh anggota tubuh agar proses kehidupan terus berlanjut. Dengan mengetahui fungsi inilah seharusnya bagaimana kita menjalin hubungan komunikasi yang sehat dengan jantung yaitu memperlakukan jantung agar tetap sehat. Misalnya untuk menjaga kesehatan jantung kita harus rutin berolahraga minimal setiap 3 kali dalam sepekan, mengkonsumsi jenis makanan bergizi, rendah kolesterol, banyak mengandung serat, dan mengurangi makanan berlemak tinggi.

Dari berbagai organ tubuh manusia yang sedemikian kompleksnya, semua organ tubuh tersebut mengharapkan kesehatan dari pemiliknya. Seorang yang memiliki organ tubuh tersebut seyogyanya harus mampu memahami dan mengerti kebutuhan dari organnya itu. Jangan sampai kita tidak tahu bahkan tidak menyadari bahwa kita pun memiliki tanggungjawab terhadap organ tubuh kita tersebut. Semoga dengan adanya pengetahuan ini, lebih memberikan arti yang baik, bermanfaat, serta membangun komunikasi yang harmonis dengan organ-organ tubuh yang kita miliki.


You Might Also Like:

Tambahkan Komentar

Disqus Comments